INOVASI ROBOTIKA :: Robot Pembersih Kaca

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah ajang untuk mahasiswa berinovasi. Salah satunya adalah Winner-Bot karya. Mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya ini. Timnya membuat robot pembersih kaca gedung bertingkat konvensional dengan sistem kendali otomatis dan monitoring.
Pembersih kaca
“Kami cukup prihatin karena kan banyak orang kadang jatuh gara-gara bekerja sebagai tenaga pembersih kaca di gedung-gedung tinggi. Akhirnya kami berinisiatif untuk membuat Winner-Bot ini,” Sifa saat ditemui stand PKM yang digelar di Hall lantai 1 BAAK ITS Surabaya, Selasa (11/7/2017).
Sifa selaku ketua PKM menjelaskan, Winner-Bot adalah robot yang menggunakan Arduino sebagai mikrokontroller yang dilengkapi dengan Sensor Proximity dan Passive Suction Cup untuk pembersih kacanya. Pengoperasiannya cukup mudah, yakni dengan menggunakan mengandalkan sensor proximity sebagai sistem navigasi robot yang terpasang pada pinggiran kacanya.
Sehingga harapannya nanti pengguna inovasi ini dapat mengaplikasikan melalui aplikasi di Android yang memudahkan pengguna untuk mengontrol atau meningkatkan tingkat level cairan pembersih dan sisa daya baterai selama penggunaan. Selain itu Winner-Bot dipasangi alat perekat yang mudah dilepas pasang pada bagian dinding-dinding bagannya sehingga memudahkan robot untuk berjalan dan tidak mudah terjatuh pada ketinggian.
Inovasi robot
Please follow and like us:
10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *