Blog :: Sejarah, Kesan dan pesan terakhir ikut kontes robot indonesia

aku merupakan seorang pemuda, cie pemuda.. dari kampung kecil di desa sungai bahar 9 kabupaten muaro jambi. lingkungannya nggak ada tekhnologinya, isinya sawit semua.. aku bertekat fokus ketekhnologi dari kelas 3 smp, suka obrak abrik alat bapak, seperti amplifier, radio dll,, yang paling aku suka saat otak atik inverter, kemudian aku meminta kepada orang tua untuk masuk salah satu sekolah smk tang ada tekhnik elektronya,, kemudian aku masuk di smk n 3 kota jambi jurusan audio video, sekolah ini terkenal isinya brandalan, smk 3 atau stm 3, disana aku nggak fokus belajar elektronika, guru jarang masuk aku sering kabur, parah, tapi yang aku syukuri malam aku sering kewarnet cari tutorial elektronika belajar elektronika dasar secara otodidak dan membuat rangkaian elektronika seperti ampifier dan lainnya. foto saat smk.. isinya cowok semua.

di kelas 3 ada kawan kost yang banyak merubah arah hidupku, dia bernama bang jul hasratman, bayangkan dia sempat memaksaku untuk belajar bahasa inggris tiap malamnya memotivasiku untuk tidak lupa sholat dan belajar membaca al-qur’an.. dia juga yang memotivasiku untuk kuliah, padahal saat itu aku tak inginkuliah, inginnya jadi tukang service, bangjul hasratman orangnya luar biasa penuh motivasi dan banyak perubahan saat bersama dia.. kalau penasaran sama beliau,, ini ada cuplikan video saat bang jul hasratman menikah dan Akad Nikahnya dengan Mahar Hafalan Al Quran Surat Ar Rahman.. terbayangkan luar biasanya

kemudian aku coba mendaftar kebeberapa kampus, pertama ITB, yaahh.. nggak diterima, nggak layak sih, kemudian UNILA, yaahhh… 1,2 seleksi nggal lolos, terkhir UNJA FAKULTAS FISIKA, nggak lulus juga, udah putuskan masuk STIKOM DB JAMBI, saat itu terakhir pendaftaran di reguler 2, hari itu terkhir dan memutuskan masuk jurusan SISTEM KOMPUTER. karena sempat bertanya, “mba ada jurusan elektronika nggk..?” “nggak ada mas, kalau robot ada di SK..” “nah itu mba, cocok..” kalau nggak salah ya gutu percakapannya, terus mbanya bilang disini ada UKM robotika, dan kalau mau masuk sana IPK harus tinggi dan tidak boleh ikut UKM lain, sejak itu aku nggak ikut UKM lain dan fokus belajar, ngejar IPK.. tetapi disemester 3 aku nggak ikut UKM. tetapi… dosen pembimbing robotik yang memintaku secara langsung masuk kedalam team… alhamdulillah dan malahan aku terpilih menjadi ketua UKM ROBOTIK saat itu… weeewww…   mulai saat itu aku dibimbing dengan 2 dosen luar biasa yaitu pak M.irwan bustami spesialis hardware dan, pak agus siswanto spesialis software/ program. mulai memasuki dunia robotika yang puyeng puyeng nikmat, untuk kontes robotika berawal pada kontes pertama kali di MDP palembang, waktu itu tahun 2015, makalam 3.1

  1. KRI REGIONAL 2015 MDP PALEMBANG

cirikhas kami yang sangat saya sesali menghilang di beberapa kontes setelahnya, yaitu berdoa sebelum bertanding.

mendapatkan peringkat 2 dalam kontes, dan akhirnya lolos nasional,

dinasional waktu itu konsepnya batle antara 2 robot saling berebut api, dalam kontes yang kedua dinasional ini kami mendapat juara 2 nasional, dan ini merupakan prestasi terbaikku selama ikut kontes, dan team yang sangat kuat waktu itu ada dosen yang banyak aktif membantu.

2. KRI NASIONAL 2015 UMY JOGJA

kemudian ikut kontes robot ketiga kalinya 2016 di caltex riau, makalam 4.1 tak diduga kami team makalam mendapat peringkat tertinggi dan mendapat juara 1, tapi eh ada yang protes pemadaman api yang kedua kaki tidak masuk ruangan sehingga turun menjadi peringkat 3.

3. KRI REGIONAL 2016 CALTEX RIAU

 

karna lolos diregional, kami lanjut ke nasional si pens surabaya, mulai dari sini aku mulai menurun karena team yang berubah-ubah, kurang kompak, aku banyak job dan berantakan.. hehe.. tapi tetap semangat.

4. KRI NASIONAL 2016 PENS SURABAYA

disini kami udah mulai nggak fokus tanding, kami fokus jalan2… yah hasilnya sesuailah..

kemudianyang terakhir kali aku ikut di 2017, tapi ya belum tau ya karena ini hobby jadi bisa jadi aku masih tetap aktif didunia robotika.

5. KRI REGIONAL 2017 UNSRI PALEMBANG

yang terakhir ini. selama aku menjadi mahasiswa ya, kami mendapat peringkat 8 dari 15 kampus di regional 1 sumatra, bersyukur dengan apa yang didapat sesuai dengan apa yang diusahakan.

sekarang aku memiliki sebuah startup yang bergerak di bidang programming dan robotika yaitu Ridikc Industries

semoga ini bisa menjadi pintu gerbang kesuksesanku untuk kedepannya aamiin,.. siapapun yang membaca ini, semangat untuk anda dan jangan lupa sholat… ini prestasi dunia, akhirat selamanya… motivasiku yang tak pernah berubah yaitu :

“Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

aku ingin bermanfaat bagi banyak orang, karena :

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Please follow and like us:
10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *